Ramai-ramai Media Asing Sorot Ekonomi RI, Ada Apa?

Kedua media ini membeberkan alasan kenaikan pertumbuhan ekonomi ini dibanding tahun lalu, yakni karena didorong oleh ekspor dan konsumsi domestik yang kuat. Ekspor telah menyumbang sekitar seperempat dari produk domestik bruto.

Mereka mengungkapkan Indonesia diuntungkan dari kenaikan harga komoditas akibat perang Rusia Ukraina pada Februari lalu. Dimana Indonesia adalah pengekspor utama batu bara, minyak bumi, emas, nikel, dan minyak sawit. Berkat kenaikan harga komoditas ini, ekspor Indonesia tumbuh di angka 21,64% yoy pada kuartal 3, dimana angka ini naik sebanyak 19,74%.

Konsumsi swasta meningkat sebanyak 5,4%, kenaikan ini telah menyumbang lebih dari setengah produk domestik bruto (PDB) Hal ini juga didukung oleh peningkatan pengeluaran oleh kelompok berpenghasilan menengah dan atas, dan sedikit berubah dari pertumbuhan 5,5% pada kuartal kedua.

Dengan tidak memperhitungkan faktor musiman, PDB naik 1,81% dari tiga bulan sebelumnya, di atas perkiraan kenaikan 1,62% dalam jajak pendapat.

Reuters menambahkan pertumbuhan ekonomi ini juga didukung oleh peningkatan investasi dan pengeluaran pemerintah, konsumsi swasta yang tetap kuat, dan pengeluaran pemerintah yang menyusut lebih lambat.

Kendati demikian, kedua media ini memperingati Indonesia terkait pergeseran tantangan yang tengah dihadapi saat ini. Meskipun saat ini ekspor Indonesia melonjak, pembatasan COVID-19 dicabut dan kedatangan wisatawan terus berlanjut, namun perang Rusia Ukraina dan dampak dari pandemi telah memicu kekhawatiran akan resesi global.

Kedua media ini mengutip proyeksi dari ekonom senior Asia di Capital Economics Gareth Leather yang mengungkapkan bahwa pertumbuhan stabil Indonesia dalam menghadapi tantangan ekonomi global saat ini diperkirakan akan berhenti pada bulan-bulan mendatang.

“Kami memperkirakan harga komoditas yang lebih rendah, kebijakan moneter yang lebih ketat dan inflasi yang meningkat akan menyeret pertumbuhan selama kuartal mendatang,” tulis Reuters.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *