Ramai-ramai Media Asing Sorot Ekonomi RI, Ada Apa?

POJOKTIMES.COM | Jakarta – Perekonomian Indonesia pada kuartal III-2022 mampu tumbuh di atas ekspektasi. Produk Domestik Bruto (PDB) nasional berhasil mencetak pertumbuhan 5,72%, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Data otoritas statistik juga menunjukkan, ini merupakan kali empat secara beruntun dalam empat kuartal terakhir, pertumbuhan ekonomi nasional berhasil tumbuh di atas angka 5%. Ini semakin menunjukkan prospek cerah perekonomian nasional.

Tingginya angka pertumbuhan ekonomi Indonesia pasca pandemi dan di tengah situasi global yang makin tak menentu ini membuat sejumlah media asing memberikan perhatian lebih, apalagi angka pertumbuhan kemarin merupakan yang tertinggi selama satu tahun ke belakang.

Agence France Press (AFP) beberapa waktu lalu mempublikasikan pemberitaan dengan judul “Pertumbuhan Q3 Indonesia Meningkat tetapi Tetap di Bawah Perkiraan”. AFP menyoroti perekonomian Indonesia yang dianggap menunjukkan kinerja lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dalam pemberitaan tersebut, AFP menyebutkan hal ini terjadi karena di periode yang sama tahun lalu Indonesia tengah memberlakukan pengetatan mobilitas seiring adanya gelombang kasus COVID-19 varian delta.

Namun, AFP menekankan bahwa angka ini masih di bawah perkiraan. Sebelumnya, Firma Riset memperkirakan pertumbuhan yang jauh lebih tinggi sebesar 7,5% untuk kuartal tersebut sementara ekonom lainnya memperkirakan pertumbuhan menjadi sekitar 5,9%.

Hal yang sama juga disoroti Reuters, dalam beritanya yang berjudul “Indonesia Mencatat Pertumbuhan Ekonomi Tercepat dalam Lebih Dari Setahun, Prospeknya Tidak Pasti”, media ini mengungkapkan bahwa pencapaian Indonesia di angka 5,72% tersebut masih di bawah perkiraan dari jajak pendapat ekonom Reuters sebelumnya yang memperkirakan akan ekspansi di angka 5,89%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!