News  

Larang Perempuan Kuliah, AS dan Sekutu Kecam Keputusan Taliban

POJOKTIMES.COM | Washington – Amerika Serikat (AS) berhubungan dengan Sekutu memantau keputusan Taliban untuk melarang perempuan berkuliah di universitas. AS juga mengecam keputusan Kementerian Pendidikan Tinggi yang dikelola Taliban pada Selasa (20/12/2022) waktu setempat.

“Amerika Serikat mengecam keputusan Taliban yang tidak dapat dipertahankan untuk mencegah perempuan Afghanistan menerima pendidikan tingkat universitas,” kata Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Adrienne Watson dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan AS akan melihat apa lagi yang bisa dilakukan untuk meminta pertanggungjawaban Taliban. Pengumuman oleh pemerintahan Taliban, yang belum diakui secara internasional, muncul saat Dewan Keamanan PBB bertemu di New York membahas mengenai Afghanistan.

Pemerintah asing, termasuk AS telah mengatakan bahwa perubahan kebijakan tentang pendidikan perempuan diperlukan sebelum dapat mempertimbangkan untuk mengakui secara resmi pemerintahan yang dikelola Taliban. Taliban juga dikenai sanksi berat.

“Taliban tidak bisa berharap untuk menjadi anggota yang sah dari komunitas internasional sampai mereka menghormati hak semua warga Afghanistan, terutama hak asasi manusia dan kebebasan dasar perempuan dan anak perempuan,” kata Wakil Duta Besar AS untuk PBB Robert Wood kepada dewan.(*)

Sumber : Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *