Hari Olahraga Nasional, Ini Pesan Penting Jokowi

POJOKTIMES.COM | Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan di Hari Olahraga Nasional (Haornas), Jumat (9/9/2022).

Jokowi mengimbau masyarakat memandang olahraga menjadi lebih luas sebagai bagian kehidupan sehari-hari. Ia berpendapat olahraga dapat membentuk mental yang lebih kuat selain fisik.

“Olahraga bukan sekadar gaya hidup dan latihan fisik belaka, melainkan instrumen untuk menanamkan jiwa dan karakter yang tangguh, memelihara semangat untuk menjadi pemenang, serta menjaga optimisme untuk maju,” tulis Jokowi di akun Twitter miliknya.

Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap 9 September sejak tahun 1985. Saat itu Soeharto menetapkan tanggal tersebut sebagai Haornas melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985.

Cikal bakal penetapan 9 September sebagai Haornas berasal dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama pada 9-12 September 1948. Peringatan Haornas dilakukan untuk memberi penghargaan kepada praktisi olahraga termasuk atlet dan pelatih yang dianggap berprestasi.

Tema Haornas 2022 adalah ‘Bersama Cetak Juara’. Peringatan tahun ini digelar secara hybrid melalui luring dan daring. Selama pandemi Covid-19 perayaan dilakukan secara virtual.

Pusat perayaan Haornas 2022 diselenggarakan di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur sebagai lokasi terdekat dari IKN Nusantara. Atraksi dari 14 cabor unggulan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) akan ditampilkan.

Peragaan itu akan dilakukan oleh atlet lokal Kalimantan Timur. Rencananya Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan Menpora RI Zainudin Amali akan hadir dalam perayaan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!