Alasan Mengapa Batam Bebas Pajak?

Wilayah Batam telah bermetamorfosis menjadi daerah yang padat industri. Keadaan ini pastinya tidak dapat dipisahkan dari peran serta kehadiran investor yang ada di Batam. Hal inilah menjadi salah satu dasar mengapa Batam bebas pajak dapat diterapkan oleh pemerintah. Selain itu, ada beberapa alasan yang membuat Batam layak dan wajib diberikan fasilitas pembebasan pajak.

Pertama, Batam memiliki kondisi wilayah yang strategis karena berada di jalur perdagangan internasional. Bahkan sejak zaman penjelajahan samudera, wilayah yang berada di daerah sekitar Selat Malaka selalu menjadi incaran untuk dikuasai. Wilayah strategis inilah yang menjadi nilai plus bagi Batam sehingga ditetapkan kawasan bebas pajak.

Kedua, semenjak Batam diberikan akses secara luas sebagai destinasi investasi, pertumbuhan industri menjadi kian pesat dari tahun ke tahunnya. Industri-industri yang ada di Batam memiliki corak bernilai ekonomis tinggi. Produk-produk yang dihasilkan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan perdagangan global.

Ketiga, alasan lainnya mengapa Batam bebas pajak? Tentunya ini sangat berkaitan dengan upaya meningkatkan perekonomian. Kebijakan pembebasan pajak diharapkan mampu meningkatkan perputaran pendapatan yang berimplikasi langsung kepada perekonomian lokal. Kontribusi aktivitas perdagangan internasional yang terjadi di Batam juga memiliki dampak positif bagi devisa negara.

Keempat, mengapa Batam bebas pajak juga berkaitan dengan sebuah upaya untuk meningkatkan daya saing Batam dengan negara lainnya. Pembebasan pajak yang dilakukan di Batam merupakan strategi untuk memberikan kemudahan bagi barang yang masuk dan keluar di Batam. Sehingga kebutuhan suplai bahan baku untuk industri di Batam akan menjadi lebih lancar dan hemat biaya.

Kelima, kebijakan pembebasan pajak di wilayah Batam merupakan sebuah peluang emas yang harus dimaksimalkan oleh BP Batam. Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, bergerak cepat untuk memaksimalkan kebijakan fiskal yang diberikan kepada Batam.

Batam Bebas Pajak dan Peluang Emas untuk Meningkatkan Pendapatan

Alasan lainnya terkait mengapa Batam bebas pajak adalah untuk meningkatkan arus investasi. Sejumlah upaya pun dilakukan oleh Muhammad Rudi untuk meningkatkan investasi di Batam. Salah satunya adalah dengan jalan membangun infrastruktur yang memadai dan merupakan bagian penting dalam arus lalu lintas barang di Batam.

Pembangunan infrastruktur diharapkan akan mampu menampung peningkatan jumlah barang setiap tahunnya di Batam. Semakin banyak barang yang diperdagangkan di Batam akan berdampak bagi perekonomian Batam. Tidak hanya sektor perekonomian saja yang akan mengalami peningkatan, namun juga akan sektor-sektor lainnya juga akan menggeliat.

Kebijakan pembebasan pajak yang dilakukan juga sejalan dengan arah pembangunan nasional. Kawasan bebas pajak senantiasa diharapkan mampu memberikan stimulus yang baik bagi Batam. Di antaranya adalah membuat semakin terbukanya lapangan kerja, meningkatnya kesejahteraan masyarakat, serta mampu memacu perekonomian daerah di sekitar Batam semakin maju.

Infografis

Berbagai alasan dan dampak positif yang muncul dari adanya pembebasan pajak di Batam menunjukkan sebuah kebijakan yang harus diberikan dukungan. Adanya kebijakan pembebasan pajak haruslah disertai dengan terobosan-terobosan di bidang lainnya. Seperti halnya di bidang perizinan, keberadaan IBOSS menjadi salah satu kebijakan yang mampu melengkapi adanya pembebasan pajak.

Tantangan ke depan terkait dengan status mengapa Batam bebas pajak haruslah mulai dipikirkan sejak sekarang. Terkait dengan pengawasan ataupun juga pelaksanaannya, karena dengan peningkatan jumlah investor dan barang akan membutuhkan strategi yang berbeda pula. Ide-ide cemerlang dari Muhammad Rudi beserta jajarannya di BP Batam akan sangat dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan investor di masa mendatang.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.