Tekno  

Fenomena Langkah Pelangi Kembar Hiasi Langit Bali

POJOKTIMES.COM | Bali – Fenomena pelangi kembar yang menghiasi langit Bali menjadi viral di media sosial, pada Senin (13/12). Terlihat, dua pelangi muncul secara bersamaan, satu terlihat sangat jelas sementara satu terlihat tak begitu nyata.

Video kemunculan pelangi kembar tersebut terekam saat seorang warga menaiki kapal di tengah laut, dan pelangi kembar yang melengkung itu nampak begitu elok sejauh mata memandang.

“Pelangi kembar terpantau dari laut Nusa Penida, menuju Kusamba, Klungkung, Minggu (12/12),” tulis sebuah unggahan yang viral

Dwi Hartanto selaku Koordinator Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, mengatakan bahwa fenomena pelangi kembar itu termasuk langka.

“Fenomena pelangi kembar termasuk langka,” kata Dwi saat dikonfirmasi, Senin (13/12).

Ia menerangkan, terjadi fenomena pelangi kembar ketika cahaya yang memantul ke tetesan air hujan terjadi dua kali dan biasanya pelangi yang kedua cahayanya tidak begitu jelas.

“Pelangi kembar terjadi karena proses yang hampir sama dengan pelangi pada umumnya. Pelangi kembar lahir ketika cahaya yang memantul ke tetesan air hujan terjadi dua kali. Biasanya pelangi kedua warnanya tidak terlihat nyata dan tegas dari pelangi pertama,” katanya.

Menurutnya, fenomena pelangi kembar tidak hanya muncul pada musim hujan saja di musim kemarau bisa saja muncul.

“Tidak, musim kemarau juga bisa terjadi pelangi. Musim kemarau juga ada hujan, yang menyebabkan pembiasan cahaya sehingga terjadi pelangi,” tambahnya.

Pihaknya belum menjawab berapa lama durasi pelangi kembar itu bisa di pandang mata. Selain itu, pihaknya juga belum mengetahui sudah berada kali muncul fenomena pelangi kembar di langit Bali.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *