Minggu, September 27, 2020
gambar contoh
Beranda LIFESTYLE Awas! Ini Tanda Ponsel Anda Telah Disadap

Awas! Ini Tanda Ponsel Anda Telah Disadap

Bagaimana Anda bisa tahu jika ponsel Anda disadap? Beberapa pihak dapat memanfaatkan smartphone Anda. Ini termasuk peretas, atasan Anda, mantan mitra, atau pemerintah.

Mereka mungkin mendengarkan panggilan Anda, membaca dan mengirim teks dan email, atau mengubah informasi di antarmuka Anda.

Inilah cara mengetahui apakah ponsel Anda telah disadap.

1. Masalah Baterai Tidak Henti

Sebelum iOS dan Android, masalah baterai adalah tanda penyadapan telepon. Baterai panas tetap menjadi perhatian ketika berhubungan dengan penyadapan ponsel.

Anda mungkin sangat terbiasa dengan baterai yang terlalu panas. Anda bahkan mungkin telah mengunjungi toko telepon dan menanyakan masalah ini. Dalam kebanyakan kasus, Anda hanya akan diberi tahu itu masalah standar untuk ponsel cerdas. Apple, misalnya, biasanya hanya khawatir jika perangkat Anda menjadi sangat panas, perangkat itu mati sendiri.

Mengapa ponsel cerdas Anda menjadi begitu panas? Menggunakan banyak aplikasi dan mengonsumsi media tanpa akhir akan membuat ponsel Anda lebih hangat, meskipun ini tidak cukup untuk menyebabkan kerusakan pada Anda atau dirinya sendiri.

Namun, baterai yang panas juga bisa menjadi tanda penyadapan ponsel. Perangkat lunak yang tidak diundang dapat berjalan di latar belakang, memungkinkan orang lain untuk mendengarkan.

Tentunya, Anda perlu memperhatikan alasan lain mengapa ponsel Anda mungkin panas. Apakah Anda berjemur di dekat situ? Sudahkah Anda menggunakan banyak aplikasi secara berurutan? Apakah casing telepon membuat panas? Apakah perangkat lain terhubung melalui Bluetooth? Suhu tinggi dan daya rendah tetap dapat menjadi indikasi perangkat lunak berbahaya.

2. Peningkatan Penggunaan Data Seluler

Mengawasi tagihan telepon Anda dapat menghemat banyak uang. Tetapi juga dapat membantu Anda menemukan spyware.

Aplikasi yang tak terhitung jumlahnya menyedot data dalam jumlah besar, terutama jika Anda tidak terhubung ke Wi-Fi gratis yang ditawarkan oleh banyak toko (karena ini juga bisa menjadi masalah keamanan). Lebih buruk lagi jika Anda membiarkan anak-anak Anda menggunakan perangkat Anda saat jauh dari rumah. Namun, Anda harus tahu kira-kira berapa banyak data yang Anda gunakan setiap bulan.

Jika jumlah ini meningkat secara dramatis, Anda perlu mempersempit mengapa hal itu terjadi — dan jika Anda tidak dapat menemukan alasannya, mungkin pihak ketiga sedang mencegat pesan Anda.

Perangkat lunak berbahaya menggunakan kelonggaran data Anda untuk mengirim informasi yang dikumpulkannya ke sumber luar. Itu berarti tidak hanya mengandalkan Wi-Fi rumah Anda: itu akan memakan data di mana pun Anda berada.

3. Iklan dan Aplikasi yang Tidak Diinginkan

Salah satu bagian dari malware yang merusak ponsel Anda adalah Hummer. Trojan ini menginfeksi sekitar 1,4 juta perangkat Android per hari pada awal 2016. Pertama kali ditemukan pada tahun 2014, serangan itu paling banyak terjadi di negara-negara seperti India, Rusia, dan Filipina.

Diperkirakan jika pembuat virus (kemungkinan berbasis di Cina) mendapat hanya US$ 0,50 per infeksi, mereka bisa mendapatkan keuntungan lebih dari US$ 500.000 hanya dalam 24 jam.

Korban juga akan melihat iklan yang mengganggu karena perangkat lunak jahat tidak selalu menyembunyikan dirinya. Setelah diinstal, Hummer bertujuan untuk mendapatkan akses root — yaitu hak administratif — ke perangkat Anda. Ini memungkinkannya mengunduh konten yang tidak diinginkan, dan membuatnya sangat sulit untuk dihilangkan. Bahkan reset pabrik tidak bekerja.

Malware dapat menghasilkan banyak lalu lintas iklan, dan karenanya meningkatkan penggunaan data lebih lanjut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Unik, Pemandian Air Panas Di Banjarnegara ini Jadi Primadona

Banjarnegara, Jawa Tengah memang sudah terkenal dengan wisata utamanya yaitu dataran tinggi dieng, namun siapa sangka di wilayah ini tersimpan sebuah pesona...

Cemburu, Seorang Pria di Semarang Racun Istri yang Sedang Hamil

Semarang - Seorang pria bernama AS (35) warga Kota Semarang dibekuk polisi karena meracuni istrinya yang sedang hamil tua. AS mengaku aksi...

Pertamina Buka Lowongan Pekerjaan, Berikut Syaratnya

POJOKTIMES.COM - PT Pertamina (Persero) kembali membuka lowongan pekerjaan melalui Pertamina Experienced Hire. Pendaftaran dibuka sampai dengan tanggal 10 November 2019.

Terlalu Banyak Minum Ternyata Bahaya Bagi Jantung, Berikut Faktanya

POJOKTIMES.COM - Agar terhindari dari dehidrasi, sangat dianjurkan untuk sering-sering minum. Tapi ternyata tetap harus ada takarannya, karena terlalu banyak minum juga ada...

Recent Comments